Pendapat Para Tokoh Tentang ESQ di Milad ke-11


ESQ Leadership Center memperingati MILAD ke-11 dengan mengusung tema “Sewindu Menjelang Indonesia Emas 2020” di Menara 165, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Mei 2012. Beberapa tokoh nasional hadir dalam perhelatan tersebut. Apa kata mereka?

Musliar Kasim (Wakil Mendiknas):

Saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada ESQ. Terus berkiprah, karena bangsa ini membutuhkan training-training seperti ini. Kami di lembaga pendidikan mengacu apa yang dilakukan oleh ESQ, sehingga perlu membangun karakter bangsa ini. ESQ berperan di dalam membangun karakter masyarakat. Harapan saya tentu semakin hari semakin banyak orang yang terlibat training ESQ. Saya mengucapkan terimakasih atas upaya yang dijalankan oleh Pak Ary Ginanjar yang telah memberikan training gratis kepada guru-guru Indonesia.

Sugiharto (Mantan Menteri BUMN/Ketua Dewan Kehormatan FKA ESQ):

Alhamdulillah sewindu menuju Indonesia Emas 2020. Kita selenggarakan bersamaan dengan peresmian digunakannya Menara 165. Saya melihat acaranya sangat bagus dan dihadiri para tokoh yang punya power kuat seperti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar yang bisa manarik para birokrat mengikuti program ESQ. Sehingga reformasi birokrasi yang dicanangkan pemerintah berjalan dengan baik.

Kalau menterinya saja sudah ESQ, mudah-mudahan Indonesia Emas 2020 bisa terwujud. Saya punya keyakinan yang kuat. Kita tinggal berikhtiar melakukan hal yang benar, sehingga perjalanan Indonesia Emas ini Insya Allah diijabah oleh Allah SWT.

AM Fatwa (Anggota DPD/Wakil Ketua Dewan Kehormatan FKA ESQ):

Saya anggap ulang tahun ESQ sebagai kelanjutan dari reformasi di Indonesia. Reformasi yang dikumandangkan oleh ESQ itu lebih mendalam lagi dari pada reformasi yang dikumandangkan oleh mahasiswa pada tahun 1998. Saya mengharapkan dengan pelatihan yang dilakukan oleh ESQ Leadership Center akan memberikan landasan moral bagi pembangunan Indonesia menuju Indonesia Emas dengan 7 Budi Utama.

Arief Safari (Direktur Utama PT Sucofindo):

Semoga di ulang tahun ini menjadi satu masa introspeksi untuk melakukan perbaikan ke depan. Dengan adanya ulang tahun ini membuktikan bahwa ESQ 165 terus berkembang. Apalagi dengan adanya upaya dalam rangka diservikasi melalui transformasi budaya menjadi suatu timing yang tepat dalam rangka merombak bukan hanya budaya perusahaan, tapi juga budaya bangsa. Mudah-mudahan ESQ semakin berkibar dan berkiprah dalam rangka melakukan transformasi. Tentunya saya mengharapkan di tahun 2020, Indonesia bisa menjadi suatu negara besar.

Adam R Damiri (Direktur Utama PT Asabri):

Dengan ulang tahun ESQ yang ke-11, saya mengharapkan semakin banyak penduduk Indonesia yang mengikuti pelatihan ESQ dalam upaya membentuk karakter bangsa yang sebenarnya. Menurut saya untuk mencapai Indonesia Emas tahun 2020, alumni-alumni ESQ yang jumlahnya banyak itu dapat mentransfer ilmunya kepada yang lain. Kalau semua alumni ESQ menerapkan itu, saya optimis Indonesia Emas 2020 dengan 7 Budi Utama akan tercapai.

Ahmad Mukhlis Yusuf (Direktur Utama Perum LKBN ANTARA):

Yang penting adalah bagaimana kita konsisten. Kegiatan pengembang­an karakter ini kalau terus menerus dilakukan oleh semua lapisan dari berbagai profesi akan mengahasilkan perubahan yang lebih besar. Insya Allah pekerjaan ini harus terus menerus dilakukan. Nilai-nilai 7 Budi Utama harus terus menerus menyebar, menembus sekat-sekat ruang dan waktu.

Dato’ Hussamuddin Yaacub (Founder Karangkraf Group, Malaysia):

Saya mengucapkan selamat ulang tahun ESQ yang ke-11. Saya kira bagi sebuah organisasi yang baru berumur sebelas tahun sudah sampai ke puncak ini adalah suatu pencapaian yang luar biasa. Saya percaya ESQ akan menjadi sebuah gagasan yang besar, Insya Allah. Saya berharap momentum ini menjadi suatu energi yang besar.

Eep Saefulloh Fatah (Pengamat politik):

Menurut saya ESQ sudah memberikan kontribusi positif buat banyak hal, terutama dalam rangka menyiapkan satu bagian yang sangat penting dalam proses perubahan di dalam masyarakat. Diperlukan orang-orang besar untuk membangun perubahan besar dan membangun bangsa yang besar. Disitulah pembangunan karakter memberikan peranannya. Mudah-mudahan ESQ membantu itu.
7 Budi Utama itu kan semacam cita-cita tentang perilaku mulia yang harus dimiliki oleh setiap orang di Indonesia. Cita-cita ini harus digapai dengan ikhtiar yang optimal. Tahun 2020 itu seperti mencari alamat. Sekali pun kita tahu alamatnya, tapi selama kita tidak bergerak menuju alamat itu, maka tidak akan pernah kita sampai ke tujuan. Jadi yang sangat penting adalah mengelola hari ini untuk membuat besok bisa kita raih.

Rochmat Wahab (Rektor Universitas Negeri Yogyakarta):

Saya sangat bersyukur bahwa ESQ sudah sampai sebelas tahun dan di usia ini sudah jauh yang bisa dijangkau. Secara kuantitatif tentu sangat membanggakan. Oleh karena itu saya sebagai alumni, tentu yang menjadi perhatian adalah melakukan pembinaan terhadap alumni yang sudah banyak ini menjadi kekuatan yang luar biasa untuk mempercepat Indonesia Emas 2020.

Arman Nefi (Kepala Sub Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia):

Selamat ulang tahun kepada ESQ yang telah mengawal dalam rangka pembangunan karakter bangsa. Saya dari Direktorat Kemahasiswaan UI akan terus melanjutkan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh ESQ Leadership Center dengan harapan lulusan UI menjadi lulusan yang cerdas, tapi juga berkarakter. Sukses dan jaya selalu ESQ.

Hadad Alwi (Penyanyi Religius):


Yang pasti ESQ sudah banyak membuktikan kegiatan-kegiatan positif yang langsung terlihat dampaknya untuk masyarakat. Kita tahu bahwa kita harus berupaya dan ESQ sudah berupaya. Perkara hasil kita serahkan kepada Allah SWT, tapi yang pasti ESQ milik kita semua. Semoga dengan ulang tahun ini kita semakin semangat untuk mewujudkan impian. Indonesia Emas yang kita harapkan menjadi bangsa yang maju dengan bimbingan Allah dan Rasul-Nya.

Dik Doank (Seniman):

Selamat ulang tahun ESQ yang ke-11. Ayo ciptakan lagi hal-hal baru yang dibutuhkan oleh bangsa ini. Insya Allah ini menjadi Rahmatan Lil Alamin. Saya hadir dengan cinta, cinta itu memberi harapan tanpa berharap. Mudah-mudahan semua yang hadir di sini memberikan cintanya yang tulus, karena orang yang tulus itu jalannya mulus.

(tino)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s