Gerak jalan Sehat bersama Dr. H. C Ary Ginanjar Pendiri ESQ di Riau


Laporan HELFIZON, Pekanbaru helfizon@riaupos.com

Puncak hari jalan kaki sedunia (world walking day) di Kota Pekanbaru dipadati oleh tidak kurang dari 40 ribu warga yang tumpah ruah mengikuti kegiatan tersebut.

Peserta yang datang dari berbagai kalangan memadati Jalan Gajah Mada tempat acara digelar.

Hadir pada kesempatan itu Sekdaprov Riau Wan Syamsir Yus, Kapolda Riau Brigjen Pol Suedi Husein, Danrem 031/ WB Kol Inf Zaedun, dan Sekko Pekanbaru. Ketua Formi, Drs Ramli Walid MSi dalam laporannya menyampaikan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara tersebut.

Suasana makin semarak saat tokoh pembangunan karakter bangsa, Dr Ary Ginanjar Agustian naik panggung.

“Riau sungguh luar biasa. Semangat, optimisme dan kebersamaan seperti ini harus terus dilestarikan menuju Riau emas 2020,” ujarnya. Dalam orasi singkatnya penemu ESQ model ini mengatakan bahwa bangsa sukses adalah bangsa yang memiliki karakter yang positif.

Adapun karakter itu memiliki panduan nilai. “Dalam ESQ model kita menyebutnya tujuh budi utama yakni jujur, bertanggung jawab, disiplin, visioner, kerja sama, adil dan peduli,” ujarnya.

Menurutnya bila nilai-nilai ini terintegrasi kepada setiap anak bangsa maka misi Indonesia emas 2020 itu dapat tercapai. “Bangsa yang memiliki karakter ini akan menjadi bangsa yang besar dan kuat. Sejarah telah membuktikannya,” ujarnya. Ary juga sempat mengajak semua peserta membaca surah Alfatihah sebelum jalan santai dimulai.

Setelah itu Sekdaprov Riau Wan Syamsir Yus mewakili Gubri yang sedang berada di Jeddah melepas peserta diawali dengan drum band SD Global Pekanbaru. Wan Syamsir Yus mengatakan sangat mendukung acara yang melibatkan ribuan warga tersebut sebab merupakan agenda yang bernilai positif dan dapat menyehatkan masyarakat Pekanbaru.

“Dengan antusiasme masyarakat yang sangat besar dalam kegiatan ini, sepatutnya kita dapat menggelar acara serupa secara rutin kedepannya, selain merupakan acara yang sangat positif juga dapat menghidupkan kota Pekanbaru di Ahad pagi,” ujarnya.

Ary Ginanjar Agustian juga ikut berbaur bersama massa mengikuti kegiatan tersebut. Terlihat juga 10 kordinator daerah (Korda) FKA ESQ se-Riau hadir membawa banner tujuh budi utama.

Panjangnya barisan peserta terlihat saat kepala barisan mendekati finish bagian belakang baru saja bergerak meninggalkan garis start. Dukungan berbagai pihak membuat Panpel Walking Day cukup punya banyak  hadiah menarik.

Sementara itu Ketua FKA alumni ESQ Riau Ir H Maswandi menambahkan bahwa bersempena dengan hari jalan kaki sedunia ini juga menaja keigatan CEO Gathering bersama tokoh pembangunan karakter bangsa Dr (HC) Ary Ginanjar Agustian di Hotel Pangeran, Jumat malam (7/10).

Sejumlah pembicara lain juga tampil. Mereka adalah Wakil Gubernur Riau Drs H Mambang Mit, Kapolda Riau Brigjen Pol Suedi Husein dan akademisi Prof Dr Dadang Iskandar.

“Syukurlah acara ini menjadi momen bagi FKA ESQ Riau untuk kembali aktif menjalin silaturahmi dengan 30.000 alumni ESQ yang kini ada di Riau dan juga hadirnya perwakilan FKA negeri jiran Malaysia,” ujarnya.

Selain didukung Formi dan FKA alumni ESQ Riau, kegiatan juga didukung oleh beberapa pihak seperti Riau Pos dan Suzuki serta beberapa sponsor, antara lain Milo yang memberikan minuman susu gratis dan RS Awal Bros yang memberikan cek kesehatan dan tensi darah gratis kepada peserta yang berminat dengan membuka stan.

Terkait antusias pendukung acara dalam agenda yang dilaksanakan untuk kedua kalinya ini oleh Formi, Ketua Panitia Pelaksana Drs H Kamsol didampingi Sekretaris Panitia Pelaksana Junaidi mengatakan, bahwa selain pelaksanaan Jalan Kaki, untuk tahun ini juga digelar Senam Sehat Riau Bangkit dan selepasnya digelar acara penarikan undian dengan memberikan beragam hadiah menarik dari pihak sponsor diatas.

“Selain jalan kaki, kita juga mengundang seluruh peserta untuk melaksanakan senam atas kerja sama dengan Riau Pos, sementara untuk pemberian doorprize sendiri kita telah jauh hari memberikan kupon kepada 370 sekolah dari segala tingkatan di Pekanbaru, serta perguruan tinggi dan beberapa ormas, sedikitnya 40 ribu kupon kita bagikan, belum lagi yang membeli dari koran Riau Pos,” ungkapnya menceritakan usai penarikan undian kemarin pagi.

Lebih lanjut, Junaidi yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Olahraga Tradisional Formi Riau menceritakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan program internasional yang awalnya digelar di Frankfurt, Jerman.

Dan ketika pelaksanaan pertama pada 2010 lalu acara ini mendapat penghargaan dari Menpora karena berhasil mengumpulkan 20 ribu lebih peserta.

Formi Riau juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus menggali potensi olahraga-olahraga tradisional yang ada agar dapat melekat di masyarakat dan tidak termarjinalkan karena perkembangan zaman.

“Kita juga sempat mengikuti Turnamen Gasing se-Indonesia ketika itu di Bangka Belitung, kedepannya kita akan coba menggalakkan olahraga serupa demi perkembangan olahraga maupun permainan tradisional yang dimiliki bangsa dan Melayu itu sendiri,” ujarnya lagi.

Sementara itu baca selengkapnya

DVD ESQ ARY GINANJAR AGUSTIAN
DVD ESQ FOR TEENS | REMAJA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s