UPZ ESQ Bantu Korban Situ Gintung


Tiga jam setelah banjir menyapu kawasan Situ Gintung, Tangerang Selatan, Jumat pagi lalu, tim medis UPZ (Unit Pelayanan Zakat) ESQ berhasil menjangkau lokasi bencana dengan membawa satu unit mobil ambulans. Tim yang terdiri dari dua dokter dan delapan paramadeis serta relawan itu, bahu-membahu membantu korban bersama tim-tim medis lain, yang dipusatkan di Gedung Fakultas Hukum dan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Ketua Bidang Sosial dan Kemasyarakatan Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ, Lea Irawan, berhasil menyusul tim itu pada hari yang sama, setelah berjibaku menembus kemacetan dengan menumpang ojek. Lea, yang juga Ketua Umum UPZ ESQ, membantu mengarahkan penyaluran bantuan untuk para korban.

Kepala Divisi Pemberdayaan UPZ ESQ Thessiana Budisetianti mengungkapkan, mulai pekan ini pihaknya menyiapkan Aksi Sehat Pasca Bencana untuk para korban jebolnya tanggul Situ Gintung, yang menewaskan sedikitnya 98 orang. Selain itu, kegiatan pengumpulan bantuan, baik berupa barang maupun uang, masih terus dilakukan.

Menurut Thessi, hingga Senin kemarin, bantuan uang maupun barang dari para alumni ESQ masih mengalir. ”Kami masih mengharapkan sumbangan, karena proses pemberian bantuan masih akan berlangsung dalam beberapa hari,” katanya.

Untuk sementara ini, kata dia, UPZ melakukan operasi penyaluran bantuan di malam hari dan langsung ke tempat tinggal korban. Sebab, di siang hari, lokasi bencana penuh juga dengan pengunjung, sehingga sulit membedakan mana yang korban dan bukan korban. Ditambahkannya, jenis barang bantuan yang disalurkan antara lain makanan instan, baju, peralatan mandi, selimut, dan perlengkapan bayi. Yanto M

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s