Mengajarkan Anak Membereskan Barang


Monday, 24 November 2008 09:17

KAMAR anak seringkali berantakan. Berbagai mainan, buku cerita, dan berbagai pernik lainnya bertebaran di lantai. Tentu repot jika setiap saat, kita harus merapikannya. Nah, mulai sekarang ajak yuk si kecil ikut merapikan barang-barang milik mereka.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyediakan tempat penyimpanan yang pas. Bentuknya bisa beragam, mulai dari lemari, rak, peti, hingga ambalan. Pilih desain yang sederhana namun menarik. Jika perlu beri hiasan berupa ornamen-ornamen lucu atau lukisan bermotif binatang.

Anda juga bisa membuat furnitur multifungsi. Misalnya tempat tidur dengan laci di bagian bawahnya. Furnitur demikian bisa menghemat pemakaian lahan di kamar si kecil. Jika kebetulan Anda tak memiliki budget yang cukup untuk memberli furnitur baru, Anda bisa membeli box plastik yang banyak dijumpai di toko serba ada. Jangan lupa, sebisa mungkin pilihlan furnitur dengan ukuran yang tidak terlalu besar, atau tinggi.

Sesuaikan ukuran furnitur dengan ukuran tubuh anak, sehingga anak tidak kesulitan menjangkau mainan atau buku-bukunya, ketika ia ingin menggunakan atau merapikannya kembali. Langkah berikutnya, Anda bisa mulai mengajak si kecil merapikan barang-barang pribadinya, bersama Anda. Dengan tersedianya tempat penyimpanan yang sesuai dengannya, si kecil akan lebih mudah membiasakan diri merapikan barang-barangnya sendiri.

Penulis: Anissa

Foto: Richard

diambil dari : http://koperasi165.com/id/index.php?option=com_content&view=article&id=72:mengajarkan-anak-membereskan-barang&catid=39:tips&Itemid=79

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s