Di Makassar Mereka akan Berikrar


Liputan Khusus
Di Makassar Mereka akan Berikrar

Menghadapi temu alumni ESQ sedunia, panitia berjuang habis-habisan. Sampai-sampai menyewa dua panitia pengelola acara. Berbagai macam kegiatan akan digelar.

Perhelatan akbar itu akan tiba: Temu alumni ESQ sedunia. Puluhan ribu alumni tengah berkemas. Dari Aceh hingga Papua, Malaysia sampai Brunei Darussalam serta Australia dan Belanda. Jika tak ada aral melintang, alumni ESQ Amerika semestinya hadir juga. Karena, pertengahan Oktober lalu, ESQ Leadership Centre telah mengadakan pelatihan ESQ di sana.

Mereka akan berkumpul di satu tempat selama tiga hari, 21-23 November 2008. Celebes Convention Center (CCC) namanya. Orang Makassar sering menyebutnya ”Ttripel C.” Sebuah gedung pertemuan raksasa yang baru rampung pengerjaannya. Wadah konvensi terbesar di Indonesia Timur. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Tanjung Bunga, kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kira-kira dua kilometer dari Pantai Losari, pantai sejuta kenangan bagi penduduk kota Makassar sekaligus ikon wisata bagi bumi para nelayan tangguh itu. Bila di Jakarta, gedung itu Ibarat Jakarta Convention Centre (JCC).

Bagi panitia pelaksana acara– para alumni ESQ Sulsel yang tergabung dalam Forum Komunikasi Alumni (FKA)—jelas dua atau tiga pekan ke depan adalah hari-hari paling menggetarkan. Penuh perjuangan dan pengorbanan. Bagaimana tidak? Diperkirakan lebih dari 10.000 alumni akan mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin. Belum lagi alumni yang datang dengan menggunakan kapal laut, mobil, serta bus carteran dari berbagai pelosok Sulawesi.

Tugas maha berat, menghadang di depan mereka. Mulai dari masalah penjemputan, penginapan, keamanan dan masih banyak lagi. Tak heran jika kebanyakan dari mereka tak lelap tidurnya, karena harus mempersiapkan segala sesuatunya. “Kami senang mengerjakan ini semua karena kami akan bertemu dengan alumni ESQ sedunia. Kami akan bertatap mata dan bertegur sapa,” kata DR. Ir. Hj. Majdah Agus Arifin Nu’mang, ketua panitia acara sekaligus istri wakil gubernur Sulsel.

Beruntung. Tol dari Bandara Hasanuddin menuju kota Makassar telah selesai pembangunannya. Sehingga, waktu yang diperlukan alumni menuju lokasi menjadi singkat. Paling lama setengah jam. Jika lewat jalan umum, waktu tempuh lebih dari satu jam, karena banyak perempatan jalan yang biasanya macet.

Temu alumni ESQ seperti itu, digelar setahun sekali. Tempatnya bergantian. Pertama kali diselenggarakan dua tahun lalu, di Istora Senayan, Jakarta. Ribuan alumni menyesaki gedung olahraga itu. Berbagai macam kegiatan mereka laksanakan. Mulai dari jalan santai, talk show, bedah buku, pameran, dan tentunya berbagai macam hiburan. Seperti tarian dari berbagai daerah, menyanyi, dan membaca puisi. Bahkan, alumni yang artis pun banyak mengisi acara.

Kemudian, pada 2007, semua mata tertuju ke Sumatera Barat. Tepatnya di kota sejarah dan wisata Bukittinggi. Sekitar tiga jam perjalanan dari kota Padang. Mendadak kota itu menjadi ingar-bingar. Bandara Minangkabau pun sesak dibuatnya. Puluhan hotel diserbu para alumni. Malah, ada yang tidak kebagian kamar, sehingga menginap di rumah alumni setempat.
Nah, di sela-sela acara tersebut, para alumni yang tergabung dalam FKA mengadakan rapat besar, guna menentukan tempat temu alumni berikutnya. Keputusan, Makassar ditetapkan sebagai tuan rumah temu alumni 2008. Sebuah kota yang terletak di wilayah Indonesia Timur. 

Kala itu, Darwis Parenrengi, korwil alumni ESQ Sulsel, begitu sumringah mendengar keputusan tersebut. Hatinya senang bukan main. Ia langsung bergerak dan berkoordinasi dengan tokoh-tokoh alumni lainnya. Dan tak berapa lama, terbentuklah panitia pelaksana acara temu alumni Internasonal di Makassar.

Menurut Muhammad Fachriza, sekjen FKA, pertemuan besar-besaran ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim sesama alumni ESQ yang ada di seluruh dunia. “Kita juga akan kembali menegaskan komitmen untuk terus berjuang mewujudkan Indonesia Emas. Saya yakin pertemuan itu akan menyiptakan energi dahsyat yang bisa memompa semangat para alumni guna mencapai cita-cita tersebut.”

Majdah, rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Ghazali Makassar,  mengatakan bahwa pada hari-H, semua alumni yang hadir akan mengadakan jalan santai sejauh empat kilometer. Melewati Pantai Losari, Jalan Ahmad Yani, Balaikota, dan kembali ke Tripel C.

Panitia juga menyediakan puluhan gerai untuk diisi oleh para alumni. Para alumni juga akan dibawa berjalan-jalan mengelilingi kota Makassar. Sedangkan untuk panggung, panitia telah menyiapkan berbagai acara, mulai dari konser, pagelaran kesenian daerah dari seluruh Indonesia, ceramah dari Ary Ginanjar Agustian, talk show dan lain-lain. “Untuk menjamin kelancaran semua acara ini, kami sengaja menyewa dua event organizer,” kata Majdah.

Persoalannya sekarang adalah, tak semua alumni ESQ pernah ke Makassar. Atau bahkan, masih ada yang belum tahu di pulau mana kota besar tersebut berada. Nah, di sinilah peran ESQ Magazine sebagai majalah komunitas alumni ESQ. Kami akan meliput berbagai hal tentang kota Makassar. Mulai dari tempat rekreasi yang menarik, kuliner, dan tempat perbelanjaan yang bagus.

Untuk itu, kami telah menugaskan dua wartawan ESQ Magazine yang memang tinggal di kota Makassar untuk meliputnya: M. Ilham Muchtar dan Akbar Endra. Mereka juga ikut terlibat sebagai panitia. 

Ketika majalah ini terbit dan ada di tangan Anda, pekerjaan berat itu belum rampung. Panitia masih terus bekerja dan berkoordinasi. Rapat-rapat besar kerap dan tiba-tiba terjadi. Semua itu mereka lakukan tak lain hanya untuk melayani saudara-saudaranya sesama alumni yang datang dari jauh, guna saling bertegur sapa sembari mempertegas ikrar untuk terus terlibat dalam mewujudkan Indonesia Emas.

HANAFI HARRIS PUTRA HASIBUAN 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s