Feel The Experience for A Meaningful Life


Video Training Lanjutan ESQ MCB

Video Training ESQ Basic

Mission Character Building ( MCB )

Alhamdulillah akhirnya jadi juga training MCB ( Mission Character Building ) angkatan I Sumatera Barat diadakan. Sebenarnya ini sudah diundur sekitar 3 bulan lamanya karena ESQ LC Cabang meminta angkatan I ini langsung dipandu oleh pak Ary Ginanjar Agustian dan ternyata sangat susah mencocokkan jadwal pak Ary dengan jadwal hotel yang kosong.

Saya dan isteri yang sudah alumni Mission Statement angkatan II di Pekanbaru ikut di hari pertama sebagai alumni. Subhanallah, pesertanya mencapai 500 orang lebih. Maklum, kapan lagi bisa training langsung dipandu oleh pak Ary kecuali kalau kita training langsung di Menara 165 yang pastinya biaya bakal lebih besar karena selain ongkos pesawat, hotel, juga harus memikirkan biaya makan selama perjalanan. Ada yang istimewa juga, MCB Angkatan I ini diikuti oleh Walikota Padang ; Bapak Fauzi Bahar. Nah, istimewanya training ESQ yaitu ; tidak ada perlakuan istimewa untuk Pak Walikota… Kalo datang terlambat, ya duduknya terpaksa di belakang.

Training Mission Statement dibuka dengan review “seberapa 165” kita para Alumni training ESQ. Mampukah kita menjawab pertanyaan saat kita diminta menjelaskan apa itu “islam”…?? Yang bikin ngakak, pak Ary menanya para peserta dengan lagak dan suara anak kecil yg bertanya pada orang tuanya. Sumpah, itu lucu banget. Akhirnya setelah beberapa peserta memberikan argumennya, pak Ary menjelaskan bahwa Islam itu sudah ada dalam “hadits Jibril” pada saat Jibril menanyakan tentang apa itu Islam, Iman dan Ihsan pada nabi Muhammad secara langsung di depan para Sahabat.

Hari pertama ini peserta diajak menuliskan visi dan misi hidupnya, semua sesi pada hari itu dijalani peserta dengan semangat, semua berebutan ikut games dan mengajukan pendapat. Mamang Training intermediate ini dirancang agar peserta lebih aktif dan terlibat langsung dengan trainer. Tapi bukan training ESQ namanya kalau tidak dipenuhi isak tangis peserta.😀

CHARACTER BUILDING

Hari kedua, saya dan isteri berangkat pagi-pagi, bukan kebetulan tempat training kali ini dekat dengan rumah, jadi tidak sampai 10 menit, kami sudah sampai di ruang registrasi peserta. Dipintu masuk udah penuh sesak oleh ibu-ibu yang berebutan ingin duduk di depan, tapi keliatannya bapak-bapak lebih kalem.. hehehe.

Training di hari kedua ini memang lebih seru daripada hari pertama, ibaratnya kata pak Ary : “Seperti mesin diesel makin lama makin panas” . Dibuka dengan tampilan 3Dimensi Alam semesta, setelah itu pak Ary membacakan surat Ar Rahmaan dengan Khusyu’ kemudian melalui beberapa games, peserta diajak menemukan karakter seperti apa mereka selama ini, dan setelah mereka “ngeh” dengan karakter mereka, barulah dibangun karakter yang tangguh dengan filosofi yang terkandung dalam gerakan dan bacaan Shalat.

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? ( Q.S Al Ankabuut 2 )

Di training Character Building ini, dipilihlah Muhammad Ali sebagai ikon karakter tangguh yg tak mudah patah oleh hantaman hidup, ada gerakan senam yg diadopsi dari gerakan olahraga tinju, Senam Muhammad Ali, The Black Superman. Selain itu Buya HAMKA juga jadi ikon di Training MCB Sumatera Barat ini, maklumlah disini adalah tempat kampung halamannya Buya HAMKA, jadi semangat Buya diambil dan disebarkan ke semua peserta training, semoga kelak akan lahir ribuan Buya HAMKA dari Sumatera Barat ini.

Dalam training Character Building, ada sesi yg menurut kebanyakan peserta lebih “Parah” dari sesi katarsis di hari ketiga Training Basic, sesi ini dinamakan “Kapal Nabi Yunus”. Menggubah kalimat salah satu alumni di blognya : “Hidup segan, matipun lebih segan lagi”. Pilihan hidup atau mati bukanlah pilihan mudah.. disinilah karakter asli kita akan muncul, apakah kita akan memberikan kesempatan hidup kepada orang lain atau meminta kesempatan hidup kepada orang lain.

Nah.. bocorannya segitu aja. kalau penasaran, silakan daftar di training MCB, dan bentuk karaktermu seperti intan yg indah, bening, transparan dan berkilauan tapi sangat kuat dan tak terpatahkan. semoga kita bisa keluar dari mulut “ikan Nun kehidupan” seperti Nabi Yunus yang keluar dai perut ikan Nun seperti tertulis dalam Al Qur’an :

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.” Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman. ( Q.S Al Anbiyaa” 20-21 )

Oiya, oleh-oleh dari training ini, sebuah tanda tangan dari pak Ary buat saya… hehehe…

Hubungi : Adit 08889903156

Kami menjual  Bedcover murah, Sprei murah, Bantal Cinta murah,Sarung Bantal murah, Handuk Murah, Mukena Murah, Selimut Murah & Aneka Bantal Murah lainnya

banner11

———————

>ESQ Preview di Tokyo di selenggarakan di Auditorium Sekolah Indonesia di Meguro – Tokyo Japan , Rabu tanggal 22 Oktober jam : 18.30 (Setelah waktu Sholat Isya )
>ESQ Preview di Gedung Heart Pia – Marutamachi – Kyoto, Sabtu , tanggal 25 October 2008 jam 09.00 s/d 12.00.( Sub way Karasuma Line )

———————————————————————————

Stats http://www.gerakjalanesq.wordpress.com dari Mei 2008 s/d November 2008

stats2Stats: ESQ Way 165 | Menuju Indonesia Emas 2020

3 thoughts on “Feel The Experience for A Meaningful Life

  1. terimakasih atas traningnya saat di jogja angkatan 2011-2012 dan saya akan mendukung ESQagar dapat mentraningkan sampai kepelosok Indonesia bahkan sampai di penjuru dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s