Indonesia Emas 2020


Yang Sedang Hangat, Baca :

Berbagi Cerita | Kesan dan PEsan selama acara gerak jalan ESQ

Apa itu Visi Indonesia Emas 2020 ?

Visi Indonesia Emas 2020 adalah cita-cita yang akan kita wujudkan bersama dimana pada tahun 2020 bangsa Indonesia sudah terlepas dari krisis moral dan seluruh komponen bangsa telah berhati emas dan mengaplikasikan 7(tujuh) nilai dasar yaitu jujur, visioner, tanggung jawab, disiplin, kerjasama, adil dan peduli. Jadi yang kita tuju dalam Indonesia Emas 2020 adalah kejayaan secara moral dan spiritual, bukan hanya kejayaan secara ekonomi.

Assalamu’alaikum. Pagii !
DPP FKA ESQ mengundang Alumni ESQ utk mengantar keberangkatan Bpk Berry Natalegawa (Korwil FKA-ESQ Inggris) yang akan berjalan Jakarta-Surabaya 1.065 km dgn tema “Indonesia Emas 2020″ pada:
– Hari/Tgl : Minggu, 16 Sept 2012
– Waktu : 06:00 s/d 07:30 WIB
– Tempat : Menara 165, Jl. TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan

Akan dilepas oleh Menteri BUMN Bpk. Dahlan Iskan (dlm konfirmasi).
Kami mengajak para Alumni ESQ berjalan sejauh 1,065 km mengiringi Bpk Berry Natalegawa pada saat start awal saja.

Salam Indonesia Emas 2020
Ketua Umum DPP FKA-ESQ
Ary Ginanjar A

Dress code:
– Kaos Nuansa Merah Putih

Mohon bantu sebarkan.
Info: 021-78848165

Dahlan Iskan: ESQ Ruh Kemajuan Ekonomi Bangsa

Untuk menjadi negara yang maju, sebuah bangsa harus memiliki ruh yang mencerminkan karakter dan budaya suatu bangsa. Demikian diungkapkan Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam HUT ke-11 ESQ bertema ‘Sewindu Menjelang Indonesia Emas 2020’ di Menara 165, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Mei 2012.

“Saya merenung kalau Tiongkok negara maju ruhnya adalah komunisme dan India kalau nanti menjadi negara maju ruhnya adalah nilai-nilai Hinduisme. Lalu ruh kita apa? Ruh itu akan menjadi persyaratan yang harus kita penuhi untuk menjadi negara maju,” katanya.

Dahlan menegaskan bahwa bangsa Indonesia memerlukan ruh yang mendukung untuk mencapai kemajuan bangsa.

“Kita tidak mau ruh kita dipegang oleh kalangan yang tidak bisa mendukung persyaratan negara maju. Tapi kalau ESQ ini kita lihat compatible (cocok) dengan demokrasi, kemajuan ekonomi dan modernisasi. Saya berharap dan merenung, mungkin ini ruh kita,” urainya.

Alumni ESQ ini sangat optimis Indonesia bisa menjadi negara maju yang bermoral. “Ekonomi kita terus maju, tinggal kita sekarang memenuhi persyaratan itu dan mencari ruh untuk kemajuan kita nanti,” katanya.

Beberapa indikator menunjukkan tren ke arah kemajuan tersebut. Menurutnya kalau diproyeksikan pada tahun 2020, pendapatan per kapita Indonesia paling rendah mencapai 9.000 US dolar. Itu adalah skala ekonomi yang sangat besar, karena penduduk Indonesia mencapai dua ratus lima puluh juta.

“Dari sebelas negara di ASEAN, ekonomi Indonesia sekarang ini sudah menguasai 51%. Yang 49% dibagi-bagi sepuluh negara. Indonesia saja sudah 51%, berarti kita memang sudah mencapai satu tingkat kekuatan ekonomi yang sangat dominan di Asia Tenggara,” jelasnya.

Dahlan menerangkan, para ahli ekonomi punya teori bahwa Indonesia yang sekarang ini pendapatannya sudah berada di kelas menengah, karena sudah hampir 4.000 US dolar. “Kita bisa menjadi negara maju seperti yang dicita-citakan. Ini ada syarat-syarat tertentu yang harus kita penuhi,” katanya.

Dalam sambutannya pendiri ESQ LC, Ary Ginanjar Agustian mengatakan bahwa kesempatan tersebut menjadi saat yang istimewa, karena ini adalah ulang tahun keluarga besar ESQ yang ke-11, sekaligus menuju cita-cita Indonesia Emas 2020.

“Keberanian untuk mencanangkan Indonesia Emas 2020 hanyalah sebuah cara untuk menginspirasi agar kita tetap punya cita-cita dan tujuan. Cita-cita Indonesia Emas 2020 adalah cita-cita seluruh bangsa Indonesia,” katanya.

“Kita punya nilai, tetapi nilai perilaku sudah hampir hilang dan sirna, karena itulah kita memasukkan 7 Budi Utama (jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil, peduli) sebagai karakter bangsa. Kita harus punya keyakinan bahwa di tahun 2020 orang Indonesia tidak lagi suka korupsi,” katanya.

Ary menyatakan, Indonesia Emas 2020 adalah Indonesia yang berkarakter 7 Budi Utama dan berlandaskan empat pilar bangsa, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Ary menambahkan, jumlah alumni ESQ ada sekitar 1,2 juta. Apabila alumni ESQ menjadi contoh kepada yang lainnya, maka akan mempunyai pengaruh yang luar biasa. “Beberapa alumni ESQ telah banyak yang menjadi menteri dan orang-orang hebat lainnya yang akan terus menyebarkan nilai-nilai di lingkungannya, hingga kelak Indonesia Emas 2020 menjadi kenyataan,” katanya.

Ary menghimbau semua pihak dapat saling bersinergi untuk bersama-sama menuju satu tujuan, yaitu Indonesia Emas 2020. “Kalau ini terjadi saya percaya pertumbuhan ekonomi dan kestabilan politik akan menjadi kenyataan,” katanya.

Acara yang dilangsungkan bersamaan dengan peresmian Menara 165 ini dihadiri tokoh penting lainnya, di antaranya: Menteri PAN dan RB Azwar Abubakar, mantan Meneg BUMN Sugiharto, mantan Menteri Koperasi dan UKM Adi Sasono, mantan Menko Kesra Azwar Anas, Wakil Mendiknas Musliar Kasim, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso, Anggota DPD AM Fatwa dan lainnya. Hadir pula beberapa Chief Executive Officer (CEO) dari BUMN, maupun perusahaan lainnya.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Deputi Bidang Pemba­ngunan Pemprov DKI Jakarta, Wiratmoko, mengucapkan teri­ma kasih serta memberikan apresiasi kepada ESQ Leadership Center atas partisipasinya selama ini dalam membina karakter para aparatur Peme­rintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Saya berikan apresiasi kepada ESQ yang lebih dari satu dasawarsa memberikan motivasi kepada aparatur Pemprov DKI Jakarta, dalam rangka mempersiapkan pegawai yang memiliki kepribadian yang kokoh, tangguh, dan sukses dalam karir serta rumah tangga,” katanya.

Atas meningkatnya kecer­dasan emosi yang dimiliki oleh segenap jajarannya, Fauzi Bowo yang lebih akrab disapa Foke mengungkapkan bahwa pegawai Pemprov DKI Jakarta makin memiliki respon yang tinggi untuk mengatasi permasalahan yang melanda ibukota.

Dalam kesempatan ini, Foke menyatakan komitmennya untuk membantu penyelesaian mushola tertinggi di dunia yang berada di puncak gedung 25 lantai tersebut. “Saya yang paling bertanggung jawab untuk menyelesaikan segala sesuatu yang terkait mushola di atas.”

Usai memberikan sambut­an, Wiratmoko yang mewakili Foke bersama-sama para tamu undangan yang juga alumni ESQ seperti Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Azwar Abubakar, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim, Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso, dan Presiden Direktur ESQ LC Ary Ginanjar Agustian menekan sirine sebagai tanda peresmian gedung yang men­jadi simbol kebangkitan moral bangsa tersebut. (jos)

Baca Juga:

1. KBRI DOHA Gelar Seminar ESQ

2. Sejuta Guru Akan Dapat Pelatihan ESQ Gratis | Info ESQ

3.GRAHA 165

4.99 Asmaul Husna | Nama – Nama Allah

5.Gerak jalan 100 th Kebangkitan Nasional Indonesia| ESQ Way 165 |Gerak Jalan ESQ

6.Berbagi Cerita | Kesan dan PEsan selama acara gerak jalan ESQ

One thought on “Indonesia Emas 2020

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s